Whatsapp Chat with our consultant

3 Faktor Kunci Kesuksesan Manajemen Proyek

3 Faktor Kunci Kesuksesan Manajemen Proyek


Kesuksesan sebuah proyek bergantung pada kemampuan diri anda dalam memahami manajemen proyek. Mendalami manajemen proyek mengarahkan anda pada  langkah-langkah sistematis sehingga proyek mampu diselesaikan melalui proses yang terukur. Suksesnya proyek bergantung oleh 3 faktor kunci sebagai berikut.

  • Pengalaman


Pada dunia profesional pengalaman menentukan seberapa sering anda dihadapkan dengan permasalahan berbeda-beda dan bagaimana hal tersebut bisa anda selesaikan. Pengalaman pula mengajarkan anda untuk mengevaluasi kekurangan dan kelebihan dari proyek yang telah dikerjakan.

Pengalaman memberikan anda pelajaran praktik langsung di lapangan sehingga makin mematangkan pehamaman secara teknis. Semakin terbiasa terlibat menangani proyek membantu anda menguji pengaplikasian konsep manajemen proyek, hal ini sengat penting bagi pengembanagn kompetensi anda secara individu maupun perusahaan. Jam terbang dalam mengelola proyek membuka peluang baru bagi karir anda di dunia profesional.

  • Pelatihan

Image result for training

Belajar konsep memang bisa dilakukan dengan membaca buku namun diperlukan wadah untuk memperdalam ilmu yang selama ini telah anda pelajari dengan interaksi dua arah, melibatkan trainer serta peserta lainnya untuk saling bertukar ilmu. Melalui pelatihan, pertukaran informasi membuat setiap individu yang terlibat memiliki ‘ilmu’ dan ‘pengalaman’ baru.

Penyampaian pelatihan kini dikemas tidak kaku, fun, friendly dikombinasikan dengan games mengenai konsep-konsep manajemen proyek hingga diskusi studi kasus. Metode ini membuat peserta pelatihan mudah memahami dan mendapatkan ruang diskusi untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami.

  • Sertifikasi

Image result for pmi.org


Keistimewaan sertifikasi sangat penting bagi keberlangsungan karir di dunia profesional. Sertifikasi manajemen proyek yang biasa disebut Project Management Professional (PMP) merupakan cadangan investasi bagi karir anda melihat sertifikasi ini diakui secara internasional maka kualitas  anda dalam mengelola proyek sudah tidak diragukan lagi.


Mendapatkan sertifikasi memang membutuhkan persayaratan dari segi pengalaman, pelatihan yang sudah diikuti hinggga tes tertulis sebagai penentu final apakah anda berhasil lulus atau tidak dalam ujian sertifikasi. Pengalaman dan pelatihan seharusnya menjadi bekal yang cukup untuk mendapatkan legalitas kompetensi anda pada level profesional.