• 88Office @ Kota Kasablanka, 10th fl Suite E
  • +62 21 29631673
  • pmdc@proverri.co.id

Ingin Lulus Sertifikasi PMP (Project Management Professional)? Simak 12 Tips dan Trik Ini!

Ingin Lulus Sertifikasi PMP (Project Management Professional)? Simak 12 Tips dan Trik Ini!

Sertifikasi Project Management Professional atau biasa disingkat Sertifikasi PMP adalah salah satu sertifikat professional yang wajib dimiliki oleh para project manager. Hal tersebut dikarenakan seorang project manager memiliki tanggung jawab yang besar dalam memegang suatu project seperti memastikan project yang dipegang selesai sesuai dengan waktu dan anggaran yang telah direncanakan sesuai dengan kebutuhan klien, dengan tanpa mengabaikan kesejahteraan tim. Setiap tahun, permintaan sertifikasi PMP ini semakin meningkat karena para project manager telah menyadari manfaat dan dampak yang besar dari kesuksesan project mereka dengan adanya sertifikasi ini. Hal tersebut terlihat dari data yang telah dihimpun pada Maret 2019 yaitu telah terdapat 911.375 pemilik sertifikat PMP di seluruh dunia. Dari data tersebut terjadi kenaikan yang signifikan dari tahun 2018. Di Indonesia sendiri hanya 870 pemilik sertifikasi ini berdasarkan data pada bulan Februari 2019. Untuk mendapatkan Sertifikat PMP ini tentu harus melalui tahap ujian sertifikat PMP terlebih dahulu. Ujian Sertifikat PMP terdapat 200 soal dalam bahasa Inggris. Dengan waktu yang diberikan hanya 4 jam dan jenis soal adalah pilihan ganda, tingkat kesulitan dalam ujian sertifikasi PMP ini dinilai cukup tinggi karena mayoritas soal dari ujian ini adalah soal cerita. Namun tidak perlu khawatir, berikut adalah tips dan trik agar dapat lulus dalam ujian sertifikasi PMP. 

1. Survey Lokasi Ujian dan Jadwalkan Ujian Pada Pagi Hari


Sumber : Merdeka.com

Survey lokasi ujian sangat penting dilakukan. Hal tersebut dikarenakan agar tahu persis lokasi ujian dan bagaimana kondisi sekitar lokasi ujian seperti kepadatan lalu lintas, dimana tempat parkir bila membawa kendaraan pribadi, fasilitas-fasilitas umum yang terdapat disekitar lokasi ujian seperti halte dan stasiun bila menggunakan kendaraan umum, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan dari tempat asal ke lokasi ujian agar tidak terlambat. Selain itu memilih waktu ujian pada pagi hari merupakan waktu yang terbaik untuk mengerjakan Ujian Sertifikasi PMP. Hal tersebut dikarenakan kondisi tubuh dan fikiran yang masih segar pada saat pagi hari. Bila ujian dilakukan pada hari senin pagi akan lebih baik lagi karena pada hari minggu malam sebelum ujian dapat dilakukan dengan beristirahat agar dapat lebih mempersiapkan tubuh dan pikiran anda lebih fresh lagi.

2. Istirahat yang Cukup Sebelum Ujian Sertifikasi PMP

 

Sumber : Hipwee.com

Istirahat yang cukup sangat penting bagi persiapan anda sebelum mengikuti ujian. Hal tersebut dikarenakan agar anda lebih berkonsentrasi dan lebih fresh pada saat mengerjakan ujian sehingga akan sangat siap dalam mengerjakan soal-soal dalam ujian. Sangat tidak dianjurkan untuk begadang pada saat malam harinya karena akan menganggu istirahat dan menghindari rasa kantuk pada saat pagi harinya yang dapat memperngaruhi fokus dalam pengerjaan ujian.

3. Pentingnya Sarapan dan Penggunaan Pakaian

Jangan lupakan sarapan pada pagi hari sebelum ujian. Hal tersebut dikarenakan agar anda tidak kelaparan pada saat mengerjakan soal. Karena waktu ujian yang diberikan cukup lama yaitu 4 jam. Bila terjadi tentu akan sangat tidak nyaman dan konsentrasi akan hilang bila anda dalam keadaan lapar saat mengerjakan soal. Tidak kalah penting adalah menggunakan pakaian yang nyaman untuk dikenakan pada saat ujian agar tidak mengganggu konsentrasi anda bila pakaian yang dikenakan tidak nyaman seperti mengenakain pakaian yang sempit atau pakaian yang terlalu lebar.

4. Mengingat dan Memahami Materi-Materi yang Penting Dalam Ujian Sertifikasi PMP

Dalam mengikuti ujian sangatlah penting dalam mengingat dan memahami materi apa saja yang akan dikeluarkan dalam ujian. Untuk itu harus belajar sebelum ujian dan perlu menghafal hal-hal yang penting seperti formula-formula three-point estimating, earned value analysis dan communication channel. 

5. Hindari Terlambat Saat Datang Ke Tempat Ujian

Datang terlambat hanya akan merugikan anda seperti berkurangnya waktu untuk mengerjakan ujian. Selain itu, datang terlambat dapat merusak mood anda sehingga dapat berpengaruh ke kondisi anda saat ujian. Ada baiknya datang 30 menit sebelum ujian dimulai agar anda dapat istirahat sejenak dan memfokuskan fikiran sebelum mengerjakan ujian. 

6. Menyalin Hal-Hal yang Penting Ke Kertas Kosong yang Diberikan Petugas

 

Sumber : Inilah.com

Saat ujian akan dimulai, petugas akan mulai membagikan kertas kosong dan pensil. Salinlah hal-hal yang penting seperti formula-formula di kertas kosong ini agar anda tidak lupa nantinya saat mengerjakan ujian. Salinan ini akan membantu anda mengingat bila anda telah banyak mengerjakan soal dan lupa dengan hal-hal penting yang telah anda pelajari sebelumnya. 

7. Kerjakan Soal-Soal yang Mudah terlebih Dahulu

Soal yang diberikan sebanyak 200 soal dan harus diselesaikan dalam waktu 4 jam, sehingga anda hanya mempunyai waktu sekitar 1,2 menit untuk menjawab 1 soalnya. Untuk dapat memanfaatkan waktu tersebut anda harus mengerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu agar waktu yang anda gunakan lebih maksimal untuk mengerjakan soal-soal yang sulit. Bila perlu tandai soal yang dilewati agar tidak bingung nantinya.

8. Bila Memungkinkan, Kerjakan Soal-Soal Formula di Awal

Mengerjakan soal-soal formula diawal agar nantinya tidak lupa dengan formula-formula yang telah dipelajari dirumah. Hal tersebut dikarenakan pada awal ujian fokus dan konsentrasi masih fresh sehingga akan lebih mudah untuk mengingat dan menghindari kelupaan pada saat mengerjakannya di tengah atau akhir ujian. Namun bila dirasa soal formula tersebut sulit, anda bisa melewatinya agar tidak membuang banyak waktu ujian.

9. Memasang Mindset Sebagai Project Manager

 

Sumber : Unsplash.com

Pada saat menganalisa soal ujian sertifikasi PMP, midsetkan selalu dalam diri anda sebagai seorang project manager. Kecuali jika dinyatakan lain dalam soal. Karena sudah kita ketahui bersama bila soal yang disajikan mayoritas adalah soal cerita.

10. Pilih Jawaban yang Tepat dan Lakukan Metode Eliminasi

Pada soal-soal sertifikasi ujian PMP, akan menguji daya analisa anda ketimbang dengan memori anda. Hal tersebut dikarenakan soal-soal yang disajikan dalam bentuk pilihan ganda akan banyak pilihan jawaban yang serupa tapi tidak sama, sehingga diperlukan analisa yang lebih dalam menjawabnya. Oleh karena itu, diperlukan jawaban yang tepat sesuai dari konteks pertanyaan. Untuk memilih jawaban tersebut anda dapat melakukan metode eliminasi, yaitu metode dengan mengeliminasi pilihan jawaban yang salah. Biasanya dari 4 pilihan jawaban, terdapat setidaknya 2 pilihan yang bisa kita tentukan dengan cepat bila itu salah. Sehingga kita hanya perlu menganalisa 2 pilihan jawaban yang tersisa.

11. Atur Manajemen Waktu Sebaik Mungkin

Manajemen waktu dapat menjadi kunci dalam kesuksesan anda dalam mengerjakan ujian sertifikasi PMP. Hal tersebut karena anda harus mengerjakan 200 soal dengan waktu 4 jam. Anda harus menyiapkan strategi yang tepat untuk mengatur waktu saat ujian seperti berapa lama anda mengerjakan soal yang mudah, berapa lama anda mengerjakan soal yang sulit, dan berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk istirahat sejenak. 

12. Pastikan Anda Menjawab Semua Pertanyaan 

Bila terdapat soal yang benar-benar anda tidak tahu jawabannya, jangan anda biarkan soal tersebut kosong karena semua bobot soal pada ujian ini adalah sama dan tidak ada nilai minus bila jawaban salah sehingga anda dapat menjawabnya. Bila jawaban anda salah, nilai anda tidak akan berkurang. Namun bila jawaban anda benar, akan menambah nilai anda.

Itulah tips dan trik agar anda lulus dalam ujian sertifikasi PMP. Semoga tips dan trik ini dapat bermanfaat dan anda bisa lulus dengan maksimal dalam ujian sertifikat PMP.


Sumber : E-book 19 Tips dan Trik Lulus Ujian PMP oleh Akbar Azwir, MM, PMP, PMI-SP, PSM I, CISSP

Baca juga : PROJECT MANAGEMENT ADALAH KUNCI SEGALANYA? YAKIN?